7 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Di Kelas

7 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Di Kelas

Rasa Kantuk Di Kelas
Kadangkala di dalam kelas rasa kantuk memang menjadi masalah yang sering terjadi bagi setiap siswa. Selain kantuk dapat menguragi konsentrasi yang diterangkan oleh guru. Siswa juga dapat menjadi malas di dalam kelas. Nah agar siswa tidak mengantuk di dalam kelas, inilah 7 cara menghilangkan rasa kantuk di dalam kelas.
1. Duduk di barisan paling depan
Barangkali selama ini banyak siswa yang menyukai duduk di belakang atau duduk di pinggir untuk bersandar di tembok. Cobalah untuk duduk di barisan paling depan, hal ini akan membuat siswa terpaksa memperhatikan guru. Sehingga siswa menjadi enggan untuk mengantuk di dalam kelas.
2. Tidur pada waktu yang tepat
Begadang pada malam hari, akan membuat rasa kantuk datang pada siang hari. Terlebih pada saat berada di dalam kelas, rasa kantuk pasti akan sangat kuat. Cara terbaik untuk menghindarinya, haruslah cukup tidur pada malam harinya.
3, Fokus untuk tidur saat akan tidur
Saat akan menuju ke kamar tidur, hindari kegiatan lain yang bisa mengganggu waktu aktifitas. Misalnya, menonton TV, Bermain Game, Browsing ataupun kegiatan yang lainnya. Sehingga waktu yang digunakan untuk istirahat nantinya bisa maksimal, segala hal yang dapat mengganggu istirahat bisa membuat sulit untuk tidur dengan nyenyak.
4. Bangun tepat waktu
Jika tubuh bisa beraktifitas mengikuti siklus istirahat yang benar, maka lambat laun tubuh akan mendukung aktifiats dengan lebih optimal, bangun tepat waktu akan menjadikan tubuh lebih segar dan baik, udara pagi dapat membangkitkan semangat dalam beraktifitas.
5. Olahraga
Sesudah bangun tidur, sebaiknya melakukan olahraga ringan, misalnya lari-lari kecil, atau stretching. Kurang lebih 10-20 menit. Melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan semangat, karena oksigen yang masuk ke dalam tubuh semakin banyak sehingga saat melakukan aktifitas yang berat sekalipun tubuh akan terasa ringan.
6. Lakukan interaksi aktif saat di dalam kelas
Saat berada di dalam kelas, berusalah agar badan dan pikiran selalu dalam keadaan yang rileks dan santai. Saat rasa penat, kehilangan fokus atau kantuk datang, tegakkan badan sandarkan ke kursi dengan posisi yang tegak. Sementara melemaskan bahu, kaki dan lengan, cobalah untuk berkomusikasi dengan siswa yang lain.
Seandanya diperbolehkan makan permen, ada baiknya untuk menyiapkan permen sebelum kegiatan kelas dimulai.
7. Istirahat yang Cukup

Saat bel istirahat, cobalah untuk melemaskan otot yang tegang, dengan peregangan atau strectching. Terutama pada bagian kaki, pinggang dan tangan.Konsumsi makanan yang ringan, hal ini untuk menghindari rasa kantuk di dalam kelas.

Demikian tadiĀ 7 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Di Kelas, semoga bermanfaat.
Oleh : Khozinatul Asror

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *