30/06/2022

SMP Al Kamal

Berbasis Karakter Religius

Halal Bihalal SMP Al Kamal

2 min read

Saat Hari Raya Idul Fitri, tradisi yang sangat melekat pada masyarakat Indonesia yang senantiasa dilakukan yaitu halal bihalal ke rumah family atau sahabatnya. Tradisi ini sebagai sarana untuk saling memaafkan dan berbagi cerita kepada family atau sahabat yang kiranya selama satu tahun atau beberapa tahun tidak bertemu.

Akan tetapi, tahukah kalian istilah halal bihalal itu apa? Ternyata istilah ini tidak kita temukan di dalam Al-Qur’an maupun Al-Hadits. Istilah halal bihalal bermula dari “tholabu halal bi thariqin halal”. Artinya mencari penyelesaian sebuah masalah atau mencari keharmonisan hubungan dengan jalan mengampuni kesalahan orang lain.

Berdasarkan tinjaun Bahasa kata halal atau halala memiliki arti menyelesaikan masalah, kesulitan, meluruskan benang yang kusut, mencairkan yang membeku, dan melepasakan ikatan yang membelenggu. Oleh sebab itu, halal bihalal dimaknai sebagai sarana/bentuk menyambungkan kembali apa-apa yang sudah terputus.

SMP Al Kamal, sebagai salah satu sekolah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal memiliki tradisi halal bi halal pada awal masuk sekolah. Tradisi ini sudah ada sejak berdirinya SMP Al Kamal. Oleh karena itu walaupun pada hari ini bukan bulan syawal (namun bulan dzulqo’dah) SMP Al Kamal tetap melaksanakan tradisi ini.

 

Diawali dengan berkumpulnya seluruh warga SMP Al Kamal di halaman sekolah untuk apel pagi, sebagai MC Dra. Sumini dilanjutkan dengan sambutan bapak Kepala Sekolah yakni Bapak Aminudin Fahruda, S.Ag. lalu ditutup dengan do’a oleh Bapak Komarudin, M.H

Setelah acara apel pagi selesei, kegiatan halal bihalalpun dimulai dengan dipandu oleh Bapak Roghib Mabrur, S.Kom. Acara halal bihalal SMP Al Kamal berjalan dengan tertib dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.