Tips atau Cara Memperbaik Flasdish yang Tidak Terbaca

 

Tips atau Cara Memperbaik Flasdish yang Tidak Terbaca
 
Tips atau Cara Memperbaik Flasdish yang Tidak Terbaca
 
Saatnya bagi-bagi tutorial cara memperbaiki flasdisk rusak tidak terbaca. Flasdisk merupakan media yang digunakan untuk menyimpan data yang ukurannya kecil dan efektif dipakai untuk transportasi data antar komputer, flasdisk sangat bermanfaat bagi pengguna komputer untuk menyimpan dan mengamankan data yang sangat penting. Oleh karena itu pemakai flasdish harus mengerti bagaimana memperbaiki flasdish yang sudah rusak dan tidak dapat dibaca oleh komputer.

Kali ini kita mencoba membahas beberapa macam kerusakan yang ada pada flashdisk, termasuk juga kita akan membahas pula software yang bisa memperbaiki flashdisk yang telah rusak. Diantara kerusakan dan masalah yang ada pada flashdisk akan diurai secara singkat dibawah ini.
Permasalahan yang perlu diperhatikan dari flashdisk rusak tidak terbaca:
  • Flashdisk yang mampu terbaca akan tetapi saat membuka file-filenya untuk dibaca dan menulis serta menghapusnya tidak bisa.
  • Flashdisk yang bisa terbaca, akan tetapi saat diformat tidak bisa.
  • Flashdisk yang masih bisa dibaca akan tetapi ukuran kapasitasnya 0 bytes.
  • Flashdisk yang sama sekali gak bisa dibaca barangkali mati total saat dimasukkan dalam komputer tidak terdeteksi sama sekali.
  • Writing protected flashdisk.

Dan bagaimanakah langkah-langkah untuk memperbaiki kerusakan flashdisk tersebut ?? Berikut tutorial singkat menegnai cara memperbaiki Flashdisk rusak bahkan tidak terbaca:

  • Periksalah flashdisk dan komputer atau laptop, barangkali bisa dicoba flashdisk sobat dengan laptop yang lain jika masih bisa terdeteksi berarti kerusakan ada pada komputer atau laptop. Hal ini terjadi karena kemungkinan besar karena settingan USB belum diaktifkan. Jika hal ini benar maka lakukanlah hal berikut ini : buka my komputer lalu control panel lalu hardware lalu device lalu manager lalu universal serial bus controller terakhir klik uninstall dan restart.
  • Bila sudah ditentukan kerusakan bukan terjadi pada laptop, sudah bisa dipastikan bahwa flashdisk telah mengalami kerusakan, sehingga baru kita lakukan perbaikan.
  • Cari terlebih dahulu jenis kerusakan, apakah kerusakan terdapat pada software atau hardware. Sampai sini yang kita bahas masih terkait tentang software flashdish.
  • Apabila flashdish dalam keadaan tidak terdeteksi, kita belum bisa melakukan format ulang. Maka solusinya adalah dengan memakai software atau aplikasi untuk memperbaiki flashdish misalnya HP Drive Boot Utility dan USB Repair, bisa dipilih salah satunya. Aplikasi tersebut banyak sekali tersedia di goegle.
  • Bukalah aplikasi tersebut dan pilihlah format flashdisk yang mau dipakai (FAT, FAT32 dan NTFS) terus klik Quick format dan pilihlah Create New atau Replace Existing Configuration.

 

Jika sudah di format flashdisk sudah bisa dipakai seperti biasanya. Terimakasih sudah membaca tutorial ini, apabila para pembaca merasa trik ini belum sempurna silakan tambahin di menu komentar di bawah. (Bangau Hitam)

 

You may also like...

2 Responses

  1. Emka says:

    Assalamua’alaikum… Mbak, sy pernah punya pengalaman; sy buka flashdisk pake OTG di hp, waktu itu lgs kecabut tanpa mematikan sambungan USB dl, jadilah flash disknya rusak, nggak bisa dibuka pake laptop/PC. Kalo kasus kyk gtu gmn memperbaikinya ya? Tks

  2. Emka says:

    Sy pernah mengalami flash rusak, karena tiba2 dicabut dari otg, akibatnya flash tdk dibaca, sayang bgt data2 gak bisa diselamatkan dan di install ulang. Seandainya pake cara spt postingan ini mgkin ada bbrp file yg bisa diselamatkan ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *